Wednesday, 14 November 2012

Semua Mata tertuju Padamu.....

Selamat siang!

Hm.. hari ini adalah hari pertama audisi Jakarta untuk Miss Indonesia 2013. Dari tadi pagi aku liat lumayan banyak update-an di twitter tentang proses audisi. Malahan, akun resmi @MissIndo2013 upload beberapa foto audisi juga. Aku ikut deg-degan! hahaha..

Aku jadi inget gimana dulu aku juga salah satu diantara mereka, yang diaudisi, ditanyain macem-macem, dan berusaha memberi yang terbaik untuk berjuang jadi salah satu finalis Miss Indonesia 2011.
Awalnya aku bisa ikutan Miss Indonesia 2011 itu bisa dibilang random banget. Suatu hari aku diminta sama himpunan mahasiswa di kampus ku buat jadi host acara Sindo Goes to Campus. Di acara itu, aku diajak sama salah satu orang RCTI buat ikutan audisi Miss Indonesia. Waktu itu aku emang ada niat ikutan Abang None Jakarta, jadi udah siapin foto buat audisi. Awalnya aku ragu mau ikutan Miss Indonesia. Ngga pede! iya, sama sekali ngga pede. Takut banget ngebayangin ikutan beauty pageants yang levelnya nasional gitu. AKu sih emang dari dulu kepengen ikutan beauty pageants nasional, tapi maunya bertahap, ngga langsung ke level nasional kayak Miss Indonesia gitu. Waktu itu juga aku masih kuliah, belom sarjana, ngga pede karena ngebayangin saingannya pasti yg udah pada sarjana, pinter-pinter. Tapi lagi-lagi dengan nekat aku iya-in ajakan si orang RCTI itu. Aku kirimin foto aku ke dia dan aku isi formulir yang dia bawa.

Besoknya, ada orang RCTI nelpon aku dan bilang kalo aku lolos audisi lewat formulir, jadi disuruh dateng ke kantor RCTI buat audisi langsung. Wayoloohh.. Seneng campur takut, aku dateng juga pagi-pagi ke RCTI dan ikutin semua proses audisi. Disana aku kenalan sama beberapa peserta. Ada yg lagi ko-ass, ada yang emang model, ada yang pernah ikutan beauty pageants beberapa kali. Nah! Makin ngga pede deh. Tapi aku percaya Tuhan bela aku dan ada di pihakku.

Pertama, tes terulis. Yah pengetahuan umum gitu deh. Puji Tuhan aku bisa jawab sebagian besar soalnya. Aku emang suka baca dan agak kepo, jadi tau lah beberapa hal pengetahuan umum gitu. Hehehe. Terus abis itu kita ngantri buat tes wawancara. Waktu giliran aku, aku cuma bisa pasrah dan percaya kalo Tuhan pasti perlengkapi aku. Didalem aku ditanya macem-macem, disuruh jawab pake bahasa Inggris, ditanya soal keluarga, kuliah, wah segala macem deh! Yang paling aku inget, aku ditanya suka baca koran atau ngga. Kebetulan aku emang lumayan suka baca koran. Terus ditanya berita yang lagi hangat sekarang tuh apa. Know what I said? "ummm.. pernikahannya Prince William sama Kate Middleton!" JREEENGGG.. *ketauan deh tukang gosip* Tapi emang bener! Headline Kompas pagi itu ya tentang Royal Wedding hahaha.

Setelah tes wawancara, aku nunggu pengumuman sama 5 orang peserta lain, dan dari berlima, ada 2 yang lolo ske tahap selanjutnya. Salah satunya aku! woooohhh senengnya ngga ngerti lagi deh tuh kayak apaan x) Lalu aku tes foto dan catwalk. Dulu aku pernah ikutan Gadis Sampul, jadi perkara foto dan catwalk bukan hal yang baru buatku. Setelah itu aku pulang, dan nunggu dikabarin sama RCTI apa aku masuk jadi finalis atau ngga.

Orang yang tau aku ikutan audisi Miss Indonesia cuma mama (yang emang dukung banget dan nemenin audisi), pacar (asiikk!), dan beberapa orang keluarga. Aku ngga berani cerita ke temen-temenku. Akhirnya setelah hampir sebulan nunggu kabar, tiba-tiba beberapa menit sebelum kelas, aku dapet telepon dari nomer yang aku ngga kenal. Pas aku angkat, ternyata dari RCTI!! Dan dia bilang aku lolos jadi finalis Miss Indonesia 2011, sebagai wakil dari Papua Barat!! Senengnya ngga kira-kira, dan setelah tutup telepon aku cuma bisa cecengiran sambil gemeteran kesenengan ga jelas gitu hahaha. Temen2ku bingung dan akhirnya aku bilang deh sama mereka kalo aku jadi finalis Miss Indonesia 2011. Mereka juga kesenengan banget, malah langsung buat fanpage di facebook buat kampanye. woooh terharuuuu ;;)

Akhir Mei 2011, aku ikut proses karantina. Waktu itu di Belleza Suites, Permata Hijau. Persiapan karantina juga ngga gampang. Aku harus izin sama semua dosenku, karena pas itu aku lagi UAS. Untungnya hampir semua dosen kasih respon positif dengan ngasih aku ujian susulan atau buat paper. Di karantina, aku ketemu sama 32 temen baru, cewe-cewe cantik, pinter, dan berbakat. Gak cuma itu, aku juga ketemu sama beberapa panitia dari RCTI dan tim chaperone yang beraneka ragam karakternya. Hohoho x) Ada kak Ritchie yang baiknya banget-banget dan sampe sekarang masih jadi 'bunda' kita semua, Kang Iyu yang pernah bilang aku jarang senyum dan netral banget, Bu Kanti yang cantik dan lembut banget, Mbak Yanti sama Mbak Dian yang awalnya keliatannya jutek padahal baik dan seru,  dan banyak lagi deh.

Jalanin karantina juga ngga gampang. Mulai dari jadwal yg super padet, kangen rumah, kengen tidur, tapi tetep harus ngasih yang terbaik. Tapi itu semua terbayar banget sama persahabatan dan kekeluargaan yang kita dapetin selama karantina, juga pengalaman yang ngga semua orang bisa dapetin. Lewat karantina juga aku ketemu sama orang-orang keren yg dari dulu aku kagumin, contohnya Mas Arief Suditomo, Bu Martha Tilaar, dll. Aku berusaha jalanin karantina dengan santai, ngga dibuat-buat, dan apa adanya, karena aku percaya, apa yang alami itulah yang dari hati dan yang terbaik. Malah kadang foto candid bisa lebih bagus hasilnya daripada yang kita sadar kamera kan hehehe.

Sampailah pada malam final. Aku bener-bener berserah, dan percaya apa yang aku dapet itu pasti Tuhan yang izinkan. Tapi aku juga percaya kalo Tuhan ngga akan biarin aku pulang tanpa dapet apa-apa, karena aku percaya Tuhan ada didalam aku dan Dia KEREN banget. Ternyata bener, aku berhasil jadi Runner Up 1 Miss Indonesia 2011. Sebuah prestasi yang membanggakan banget, dan aku seneng karena aku tau mama, keluarga, temen-temen dan pacar juga seneng dan bangga. Aku ngga sedih atau kecewa karena bukan aku yang jadi Miss Indonesia 2011. Aku ikut bangga buat Astrid Ellena :) aku tau dia memang pinter, anggun, dan manis banget.


Yah, intinya dari cerita yang panjang lebar ini, aku seneng dan bersyukur ada di keluarga Miss Indonesia. Pengalaman yang ngga bisa semua orang dapetin, perasaan bangga yang ngga semua orang bisa rasain, dan juga kesempatanku buat jadi inspirasi dan berkat buat orang lain.

Get out from your comfort zone, and you will see many big things are prepared for you.
God bless, and good luck!

xx,
Amanda Zevannya.

No comments:

Post a Comment